Sabtu, 19 Maret 2011

Kedudukan Wanita Karier Di mata Pria pada Lakon Lukisan Masa

Drama berjudul lukisan masa yang dibuat oleh Armijn Pane ini pertama kali diterbitkan dalam majalah Pujangga baru pada tahun 1943. Drama ini menceritakan tentang sosok seorang pengangguran yang bernama Suparman. Dia seorang lulusan mahasiswa di Rotterdam akan tetapi tetap saja dia menjadi seorang penganggur. Dalam hal ini saya akan membahas tentang kedudukan seorang wanita karier di mata pria dalam lakon lukisan masa. Di zaman modern seperti ini memang banyak wanita yang menginginkan dirinya untuk menjadi wanita yang lebih mandiri mencari uang. Para wanita berlomba-lomba menjadi wanita karier yang berkualitas tanpa menghiraukan kodratnya sebagai istri yaitu mengurus anak dan memasak. Dalam drama ini juga saya melihat zaman sekarang itu jarang sekali ada gadis atau remaja yang pintar memasak alhasil ketika sudah diperistri, mereka tidak bisa memasakkan makanan untuk suaminya. Seperti pada kutipan di bawah ini :

Mr abu thalib : Ya, tentu perempuan masa sekarang, mana yang berani ke dapur.( 1943: 83)

Harsini : Ya, laki-laki hendak perempuannya jadi sahabat, pandai, turut memperhatikan pekerjaannya, tapi dapur jangan lupa, kemudian anak lagi. ( 1943: 83)

Martono : Meskipun begitu, pada pikiranku, perempuan itu harus di dapur. ( 1943: 83)


Dalam drama ini juga saya akan membahas tentang kedudukan seorang pengangguran di mata wanita. Pria pengangguran dalam drama ini sangat tidak di hargai oleh para wanita. Sebab di zaman modern ini. Hidup tidak hanya berlandaskan dengan cinta saja . Akan tetapi tanggung jawab seorang suami juga dibutuhkan untuk menafkahi istri serta anak-anaknya. Maka dari itu dalam drama ini diceritakan bahwa banyak lelaki yang tidak ingin menikah, disebakan oleh ganjalan status sosial yang masih pengangguran. Seperti pada kutipan di bawah ini :

Martono : ( terus juga ) Tapi ada soal lain. Kalau sekiranya ada laki-laki tiada pekerjaannya, sedang tunangannya ada, bagaimanakah, bolehkan mereka kawin ? ( 1943: 85)

Kartono : Orang laki-laki sejati akan malu berbuat begitu .( 1943: 85)

Dalam hal ini juga saya akan membahas tentang pergeseran adat, yang menjadi menarik perhatian ialah ketika sekarang mulai menjamur wanita karier. Kaum pria mulai tersisihkan dan itu juga bisa menyebabkan lapangan kerja bagi pria berkurang.Seperti pada kutipan di bawah ini :

Martono : Kolot? Modern! Coba pikir, apa perlunya perempuan bekerja sendiri, pekerjaan sudah sedikit, lalu perempuan menjadi concurrent pula. Coba lihat di kator kami, beberapa anak gadis bekerja. Andainya mereka tinggal di rumah, bukan tempatnya boleh diisi oleh laki-laki? Jadi berkurang jumlah penganggur. . ( 1943: 83)


Kartono : ( dengan gembira) Sesungguhnya ! Banyak orang laki-laki yang menganggur, tapi perempuan turut juga memperdikit pekerjaan. Kalau anak muda ada pekerjaannya, sedikit pula gajinya, susah berbagi dengan seorang perempuan, susah mengadakan rumah tangga. Tapi kalau laki-laki hendak tidak hendak mengadakan rumah tangga, ke mana pula perempuan. Harus bekerja sendiri, meskipun dalam menanti-nanti seorang laki-laki datang meminangnya. Lalu perempuan itu menjadi saingan laki-laki sedang laki-laki itu mencari kedudukan, sampai mungkin mengambil perempuan itu, jadi mengambil saingannya itu. Tapi perempuan itu sendiri mengahalangi maksud laki- laki itu. Soal yang beredar ini! Disilah tragiek-nya. . ( 1943: 83-84)


Jelas pada kutipan di atas terlihat sekali pergesaran adat, akan tetapi menurut saya tidak apa-apa seorang wanita menjadi wanita karier akan tetapi jangan melupakan kodrat yang semestinya yaitu menjadi istri yang taat pada suami,pandai mengurus anak dan mengurus rumah dan tidak lupa harus pandai memasak. 

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus